Pages

Friday, December 20, 2013

Tanda-Tanda Hampir Meninggal

 
Tanda – Tanda Orang Akan Meninggal Dunia? – Setiap kehidupan di dunia ini pasti akan berakhir pada kematian. Namun, tidak ada satupun orang yang bisa tahu kapan kematian itu akan datang. Tidak mudah bahkan tidak mungkin memprediksi kapan orang akan mati. Berdasarkan informasi yang kami terima dari Mayoclinic, tanda – tanda orang yang kehidupannya akan berakhir menurut pengalaman di dunia kedokteran adalah sebagai berikut.

tanda tanda orang akan meninggal


1. Merasa gelisah
Ketika seseorang dekat dengan akhir hidupanya, banyak yang merasa gelisah. Seringkali posisi tidur mereka berubah – ubah dan merasa tidak tenang. Orang tersebut akan merasa gelisah, bingung, dan tidak tenang karena pernafasannya menjadi tidak teratur.

2. Menarik diri
Dia akan menarik diri dari kehidupan disekitarnya, menjadi anti sosial dan merasa lebih baik sendiri.

3. Sering mengantuk
Tanda yang ketiga adalah sering merasa mengantuk dan banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Hal ini terjadi karena orang tersebut menghemat energi hanya tersisa sedikit di dalam tubuh.

4. Kehilangan nafsu makan.
Nafsu makan akan menghilang dan biasanya porsi makannya akan jauh lebih sedikit dari biasanya. Berhubugan dengan seringnya mengantuk, ketika energi yang ada tersebut hilang, maka orang tersebut akan kehilangan nafsu makan dan minumnya. Proses untuk menelan makanan pun menjadi sulit. Mulut orang tersebut juga akan menjadi kerang. Memaksa orang sedang masuk dalam masa sekarat untuk minum akan membuatnya tersedak.

5. Mengalami jeda saat bernapas
Hal ini bisa terjadi pada saat terjaga ataupun sedang tertidur.

6. Luka yang sulit sembuh
Luka atau infeksi yang ada relatif lebih sulit untuk disembuhkan.

7. Pembengkakan.
Pada banyak kasus kematian, seseorang akan terjadi pembengkakan dibeberapa bagian tubuhnya seperti tangan, kaki, dan bagian  tubuh lainnya.

8. Sering Mengompol
Seseorang yang sekarat atau sudah dekat dengan akhir kehiduapnnya akan kesulitan untuk mengontrol kandung kemih dan ususnya.

9. Kejang Otot
Saat sel-sel yang ada didalam tubuh orang tersebut mulai kehilangan sambungan, maka orang tersebut akan mengalami kejang otot.

10. Tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen
Saat tubuh tidak bisa mendapatkan asupan oksigen, ini mengindikasikan dimulainya proses sekarat. Kecepatan kematian sel berbeda – beda, dan panjang proses sekarat bergantung pada sel-sel yang kekurangan oksigen ini. Semakin lama sel dapat bertahan, maka semakin lama porses kematian. Otak juga memerlukan asupan oksigen dalam jumlah yang banyak dan otak hanya mempunyai sedikit oksigen cadangan. Sehingga apabila asupan oksigen tidak mencukupi, maka kematian sel hanya membutuhkan waktu 3-7 menit saja.

11. Kaki dan Tangan Dingin
Seseorang yang sudah dekat dengan kematiannya akan merasa dingin pada daerah kaki dan tangannya dan pada bagian tersebut mulai sedikit membiru akibat aliran darah ke daerah tersebut terhenti. Lalu, semakin lama akan semakin menyebar pada tubuh bagian atas seperti kuku, lengan dan bibir.

12. Tatapan Mata Kosong
Orang yang sudah dekat dengan ajalnya akan menjadi tidak responsif. Walaupun matanya terbuka, dia tidak bisa melihat sekelilingnya.

13.  Pernafasan Berhenti
Setelah tatapan mata kosong, orang tersebut akan berhenti bernafas.

14. Berhentinya kerja jantung
Pada tahap ini, maka orang tersebut secara klinis dapat dinyatakan sudah mati. Hal ini terjadi karena tidak adanya sirkulasi oksigen serta tidak adanya cadangan oksigen untuk bisa mencapai sel-sel yang ada didalam tubuh. Tetapi, proses kematian klinis ini sebenarnya bisa dikembalikan dengan cara melalui proses CPR (napas bantuan), ventilator atau transfusi. Namun apabila dalam waktu 4-6 menit setelah kematian klinis tidak ada indikasi perubahan, itu berarti jantung sudah berhenti bekerja. Akibat dari berhentinya kerja jantung adalah aliran darah serta oksigen ke seluruh juga akan berhenti, tidak terkecuali aliran ke otak. Karena tidak adanya aliran oksigen dan darah ke otak, maka kerja otak akan berhenti dan saat itulah seseorang dinyatakan meninggal dunia.
Itulah tadi 14 tanda kematia seseorang. Sekali lagi, kematian hanya diketahui oleh Sang Maha Pencipta. Artikel diatas hanya ulasan berdasarkan pengalaman di dunia kedokteran. Semoga bisa menjadi artikel yang bermanfaat sebagai pengetahuan - sumber http://updateinformasi.com

0 ulasan: